Sop ayam kuah bening. Resep SAYUR SOP ini ringan dan tidak berminyak. Bisa di bilang ini seperti Pecok. Nggak perlu repot uleg bumbu segala.

Sop ayam kuah bening Sekilas mungkin kelihatannya kuah resep sop ayam bening ini kurang menarik. Tetapi kalau sudah mencobanya, citarasanya tidak kalah enak dan lezat lho. Kuahnya tetap enak dan lezat walaupun kelihatannya warnanya agak bening dibandingkan kuah sop biasanya. Bunda dapat membuat Sop ayam kuah bening dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah dibawah ini. Berikut ini cara membuat Sop ayam kuah bening yang sedap.

Bahan Pembuatan Sop ayam kuah bening

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam bagian paha.
  2. Siapkan 3 buah ceker ayam.
  3. Siapkan 1 batang sereh.
  4. Siapkan 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  6. Siapkan 1 buah jeruk nipis.
  7. Siapkan 1 batang daun bawang.
  8. Siapkan 1 batang daun seledri.
  9. Siapkan 1 sdm bawang goreng.
  10. Siapkan 1 buah lengkuas geprek.
  11. Siapkan 2 buah kapulaga.
  12. Siapkan 2 buah cengkeh.
  13. Siapkan 1 buah bunga lawang.
  14. Siapkan 1 batang kecil kayu manis.
  15. Siapkan Bumbu halus :.
  16. Siapkan 2 siung bawang putih.
  17. Siapkan 1 sdt merica.
  18. Siapkan 5 buah bawang merah.
  19. Siapkan Secukupnya jahe.

Resep Sop Ayam Bening ini dibuat dengan bahan yang sangat sederhana, sedangkan untuk bumbu sop yang dipakai juga tidak banyak. Disini saya hanya memakai bawang putih dan bumbu kaldu ayam bubuk saja, bumbu kaldu banyak di jual di toko sembako. Resep sayur sop ayam bening menjadi masakan favorit keluarga modern saat ini. Masakan sayur sop menggunakan bumbu ringan namun tetap enak.

Langkah-langkah Membuat Sop ayam kuah bening

  1. Giling bumbu halus, sisihkan goreng bawang merah hingga sedikit kecoklatan angkat sisihkan.
  2. Goreng bumbu halus dng sedikit minyak masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas goreng hingga harum.
  3. Rebus ayam hingga matang, lalu angkat buang airnya, kemudian rebus lagi bersama bumbu halus yg telah digoreng, masukkan kepulaga, kayu manis, cengkeh, bunga Lawang..
  4. Rebus hingga ayam benar2 matang beri garam dan penyedap dan beri perasan jeruk nipis, masukkan irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng.

Resep sop ayam spesial lezat lengkap dengan cara membuat masakan sayur sup komplit. Sayur sop baik untuk menu makan maupun langsung di makan. Menu makanan berkuah bening ini memang sangat sering dihidangkan dalam menu harian sederhana keluarga, selain dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga termasuk si kecil. Resep sop ayam yang pertama adalah resep sup ayam udang. Bagi anda yang buah hatinya suka dengan udang, bisa juga membuat sop ayam udang untuk menu makan siang mereka.