Sup Brenebon Iga Sapi. Hai sobat Mommy, masak-masak lagi yuk. Mommy akan memasak Sup Kacang Merah Iga Sapi atau biasanya dikenal dengan brenebon. Simak Bahan dan Cara masaknya yah.

Sup Brenebon Iga Sapi Resep dengan petunjuk video: Brenebon berasal dari Bahasa Belanda, yaitu Bruine Bonen, Bruine artinya Brown (Warna Coklat) dan Bonen artinya Kacang, yang berarti Kacang coklat/merah. Brenebon adalah salah satu masakan Khas dari Sulawesi Utara. Sup Brenebon kuliner yang populer di Indonesia bagian timur, di antaranya Manado dan Minahasa. Kamu dapat membuat Sup Brenebon Iga Sapi dengan menggunakan 15 bahan dan 8 langkah dibawah ini. Berikut ini cara membuat Sup Brenebon Iga Sapi yang enak.

Bahan Pembuatan Sup Brenebon Iga Sapi

  1. Siapkan 500 gram Iga sapi.
  2. Siapkan Kacang merah 250 gram, rendam semalaman.
  3. Siapkan 1 biji Bawang bombay.
  4. Siapkan Bumbu halus:.
  5. Siapkan 2 ruas Lengkuas.
  6. Siapkan 2 ruas Jahe.
  7. Siapkan Kemiri 2 butir sangrai dulu.
  8. Siapkan 10 butir Bawang merah.
  9. Siapkan 6 butir Bawang putih.
  10. Siapkan 1 sdm Ketumbar.
  11. Siapkan Biji pala bubuk 1 sdm.
  12. Siapkan Pelengkap :.
  13. Siapkan 2 biji Wortel.
  14. Siapkan 2 biji Kentang.
  15. Siapkan sesuai selera Daun sop.

Menggunakan kacang merah sebagai bahan utamanya dengan tambahan iga sapi. Semangkuk sup brenebon biasanya terdiri dari kacang merah dan sayuran yang kemudian disajikan kuah kaldu daging. Brenebon soup or bruinebonensoep is a kidney beans soup commonly found in the Eastern Indonesia, more often specifically associated with Manado cuisine of North Sulawesi. The soup is made from kidney beans with vegetables served in broth seasoned with garlic, pepper and other spices.

Langkah Membuat Sup Brenebon Iga Sapi

  1. Rebus iga sapi sebentar sampai mengeluarkan lemak warna coklat.
  2. Rebus kacang merah sampai agak empuk.
  3. Tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai harum.
  4. Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis kedalam rebusan kacang merah, masukkan iga sapi, tambahkan air bila kurang, masak lagi sampai empuk.
  5. Masukkan potongan kentang wortel.
  6. Masukkan garam, gula, bumbu kaldu sapi, dan lada, cek rasa.
  7. Terakhir setelah semua matang masukkan daun bawang.
  8. Siap dihidangkan.

Bahan Masak hingga iga sapi empuk dan bumbu meresap. Masukkan kacang merah, masak hingga kacang empuk. Resep Sup Brenebon Iga Sapi favorit. Pertama nyobain di tempat keluarga suami yang asalnya dari Manado. Resep Soup brenebon iga sapi favorit.